Ethum Dalam Komunikasi

Ethum Dalam Komunikasi - Dalam kegiatan kehumasan, komunikasi dengan konsumen tidak dalam konteks transaksi agar produknya dibeli konsumen, namun dilakukan sedemikian rupa sehingga konsumen menjadi paham, mengerti akan manfaat strategis suatu produk bagi konsumen. Dengan demikian, tujuan komunikasi dengan konsumen adalah untuk meyakinkan pihak konsumen atau calon konsumen bahwa produk yang dihasilkan merupakan sesuatu yang sangat bermanfaat, berkualitas bagi kehidupannya. Melalui aktivitas komunikasi itu, khalayak yang disebut konsumen akan menjadi paham, dan sadar akan nilai tambah dari produk/jasa yang dihasilkan pihak perusahaan.

Tentu, hubungan dengan konsumen selalu dilandasi suatu niat baik, bahwa pihak perusahaan senantiasa menjaga tanggung jawab sosialnya, dan lebih jauh lagi dalam perspektif Humas, hubungan itu tidak bersifat sesaat, tapi sebaliknya berjangka panjang. Selanjutnya, Humas pun harus mampu meyakinkan bahwa langkah dan upaya konsumen menggunakan poduk yang ditawarkan itu bukan merupakan sesuatu yang keliru, tapi merupakan sebuah pilihan yang sangat tepat.

Ethum Dalam Komunikasi
Ethum Dalam Komunikasi

Karena itu, pentingnya sebuah perusahaan menghasilkan berbagai jenis produk yang berkualitas. Sehebat apapun seorang Humas menyampaikan komunikasi namun ternyata produk yang ditawarkan itu ternyata mengandung masalah, entah masalah dalam kualitas, atau melanggar etika, maka komunikasi yang dilakukan Humas itu tidak akan memberikan manfaat apapun. Karena peran Humas dalam konteks marketing harus didasarkan pada proses komunikasi yang jujur,akurat, dan tidak melanggar etika.

Dalam kaitan dengan Hubungan dengan konsumen, maka berkembanglah kajian-kajian semisal, Marketing Public Relations, atau disingkat dengan MPR. Kegiatan MPR merupakan suatu proses yang terdiri atas perencanaan, implementasi, dan evolusi program yang merangsang pembelian dan kepuasan konsumen melalui komunikasi yang dapat dipercaya dan dapat menarik minat khususnya dari perusahaan untuk memenuhi kebutuhan, keinginan, kehendak dan perhatian konsumen. Aktivitas Humas dilakukan untuk menanamkan kepercayaan pada masyarakat dan pada konsumen akan produk yang dihasilkan perusahaan. Humas akan memberikan masukan dan rekomendasi kepada bagian produksi atas barang yang hendak dibeli konsumen dan pelayanan yang dikehendaki. Humas pun akan membuat program untuk mendukung gagasannya bahwa konsumen adalah pusat dari kegiatan bisnis perusahaan. Karena kegiatan yang dilakukan Humas selain menunjang aktivitas pemasaran tapi yang tidak kalah penting, mampu memberikan informasi, masukan penting bagi manajemen untuk selalu menghasilkan produk dan jasa berkualitas dan tidak melanggar etika bisnis.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ethum Dalam Komunikasi"

Posting Komentar

Komentar di moderasi, komentar yang tidak sesuai dengan topik artikel dan/atau mengandung unsur spamm TIDAK akan di tampilkan.